Senin, 20 Juni 2011

Bupati Solok Resmikan Pamsimas 2010 Jorong Kubang Nan Raok


Pamsimas Kabupaten Solok - Bupati Solok Drs. H. Syamsu Rahim hari Selasa tanggal 17 Mei 2011 meresmikan Pamsimas lokasi 2010 Jorong Kubang Nan Raok, Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki.

Bupati Solok : “Dengan mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim, Program Pamsimas 2010 di Jorong Kubang Nan Raok, Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, saya resmikan”.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita didepan Kran Umum serta pembukaan Kran Umum secara simbolik, dari 10 Kran Umum yang dibangun oleh Program Pamsimas di Jorong ini.

Jorong Kubang Nan Raok ,Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki , Kabupaten Solok adalah salah lokasi Pamsimas 2010 dari 12 lokasi Pamsimas termasuk satu lokasi Replikasi. Sampai saat ini progress pisiknya sudah selesai 100 % dan airnya sudah dinikmati oleh masyarakat.


Informasi umum Jorong Kubang Nan Raok, jumlah KK : 329 KK, jumlah jiwa : 1.396 jiwa, terdiri dari laki-laki : 689 jiwa, perempuan : 707 jiwa, jumlah KK miskin : 165 KK, jumlah jiwa miskin : 662 jiwa. Penerima manfaat : 171 KK, jumlah jiwa : 683 jiwa. Wilayah pelayanan Jorong Kubang nan Raok dan Rumah Gadang.

Program Pamsimas hanya bisa melayani 52 % dari jumlah KK, hal ini dikarenakan dana Pamsimas sangat terbatas dibandingkan jumlah KK yang ada, dan juga sebagian KK sudah mempunyai akses air minum sendiri.

Dengan adanya air bersih dari Program Pamsimas, masyarakat Jorong Kubang Nan Raok dan Rumah Gadang merasa bersyukur dan berterima kasih karena bisa mendapatkan air minum yang berkualitas. Beberapa warga masyarakat yang penulis mintai tanggapannya menyatakan sangat berterima kasih atas pembangunan air bersih di Jorong Kubang Nan Raok.

Bupati Solok Drs. Syamsu Rahim dalam sambutannya menyampaikan agar Program pamsimas yang sudah dibangun dapat dipelihara dengan sebaik-baiknya agar tetap berfungsi dan dinikmati oleh masyarakat.
Koordinator  LKM “Kubang Nan Raok Rumah Gadang Sepakat”  Abasril menyatakan sangat berterima kasih kepada Program Pamsimas. Beliau mengatakan memang Program Pamsimas tidak bisa melayani semua KK di Jorong Kubang Nan Raok dan Rumah Gadang karena keterbatasan dana dibandingkan  jumlah KK yang besar. 

Tapi Pengurus BP SPAMS sudah mempunyai rencana untuk mengembangkan jaringan pelayanan yang ada, dari Kran Umum menjadi  Sambungan Rumah. Saat ini masih sedang dimuasyawarahkan bersama warga masyarakat untuk Sambungan Rumah tersebut. 

Wali Nagari Supayang Armanto mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Solok Bpk. Syamsu Rahim yang sudah meresmikan Program Pamsimas di Nagari Supayang. Sebagaimana diketahui Nagari Supayang sudah 2 kali mendapat Program Pamsimas yaitu tahun 2009 di Jorong Tiagan dan tahun 2010 di Jorong Kubang Nan Raok. Wali Nagari berharap semoga Program Pamsimas bisa terus masuk ke Nagari Supayang di tahun-tahun yang akan datang.  Semoga.

Sekian, terima kasih.

Muliardy Banun – WSE DMAC Kab Solok - Sumbar.

  © Copy Right 2010 | DMAC Kabupaten Solok Blog | All Rights Reserved | The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP