Sabtu, 01 Mei 2010

Jorong Taratak Jarang, 100 % Rumah Membuat WC

Jorong Taratak Jarang, Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok, lokasi Pamsimas tahun 2009 saat ini progressnya sudah hampir 100 %. Dari 13 lokasi 2009, Jorong Taratak Jarang yang paling duluan progress pisiknya.

Tidak hanya progress pisik SAM yang maju progress nya tapi juga Sanitasi sangat bagus progress nya. Dan yang lebih utama adalah Jorong Taratak Jarang 100 % Rumah membuat WC, walaupun saat ini sebagian WC nya belum selesai masih dalam tahap penyelesaian.

Sebanyak 74 KK membuat WC baik didalam rumah maupun dihalaman samping rumah. Pengadaan Closet nya melalui koperasi, masyarakat menyicil biaya closet nya melalui koperasi dengan cicilan yang sangat murah Rp 3.000,-/bulan selama 11 x angsuran.

Pembuatan WC ini sangat sederhana dan relatif murah terjangkau ekonomi masyarakat. WC tidak perlu mewah, yang penting BAB tidak sembarangan, BAB tidak mencemari lingkungan.

Prinsip pembuatan WC dalam Program Pamsimas ini adalah "Merubah Perilaku" dari BAB sembarangan menjadi BAB tidak sembarangan.

Berikut ini beberapa foto pada saat kami mengadakan kunjungan lapangan pada hari Selasa tanggal 27 April 2010.


 


Ternyata, membuat WC sederhana dengan biaya terjangkau masyarakat, tidak susah kan .... ?

Selamat tinggal WC terpanjang di dunia, selamat tinggal WC terbang, selamat tinggal asoy terbang, selamat tinggal BAB sembarangan .....

Demikian, semoga bermanfaat,

Salam,
Admin.

0 komentar:

  © Copy Right 2010 | DMAC Kabupaten Solok Blog | All Rights Reserved | The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP