Minggu, 22 Agustus 2010

Safari Ramadhan PMAC Sumbar–2


 Pamsimas Kabupaten Solok. Dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Ramadhan 2010 ini, PMAC Sumbar-2 mengadakan Safari Ramadhan di 8 Kabupaten / Kota dengan lokasi sasaran khusus lokasi 2010.
Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 ini dilaksanakan atas ide dan inisiatif dari Trainer sendiri yang didukung oleh Tim Leader PMAC, pelaksanaannya atas swadaya dari PMAC / Tim Trainer itu sendiri.
Kegiatan Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 ini dilaksanakan di 8 lokasi Kabupaten Kota dengan sasaran lokasi 2010. Jadwal kegiatannya selama bulan Agustus / Ramadhan mulai tanggal 16 Agustus 2010 – 31 Agustus 2010. Memang kegiatan Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 ini dikhususkan untuk lokasi 2010.
Adapun tujuan Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 ini antara lain adalah :

  • Untuk ajang silaturrahmi antara pelaku Pamsimas (PMAC, DMAC, CF) dengan masyarakat penerima Program Pamsimas 2010.
  • Untuk meningkatkan amal ibadah dalam bulan Ramadhan.
  • Untuk lebih meningkatkan hubungan dengan masyarakat di lokasi Program Pamsimas.
  • Untuk menambah sosialisasi Program Pamsimas melalui dakwah di bulan Ramadhan.
  • Untuk menampung dan mencari solusi jika ada masalah atau kendala yang dihadapi masyarakat.
Pelaksanaan Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 di Kabupaten Solok ini adalah yang ke 3 setelah yang pertama Kabupaten Pessel, yang kedua Kabupaten Pasaman. Setelah dari Kabupaten Solok, Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 ini akan dilanjutkan ke Kabupaten lainnya sampai selesai 8 Kabupaten / Kota diwilayah PMAC Sumbar-2.
Yang bertindak sebagai penceramah adalah Tim Trainner dan Tim Leader, setiap malam yang bertugas 2 orang dengan jadwal secara bergantian.
Pada safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 di Kabupaten Solok ini, yang bertugas sebagai Penceramah adalah Trainner dr. Hasrir Saoes ( Pak Tes) dan Ibu Raudhati Ruslan ( Bunda ).
Dalam ceramah Ramdhan di Jorong Buah Jambu Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok ini, Bunda lebih menekankan arti dan makna keikhlasan. Bahwa apapun yang kita kerjakan haruslah dilandasi dengan rasa ikhlas yang tulus, sehingga jika setiap apa yang kita kerjakan dengan ikhlas akan mendapat pahala / ganjaran dari Allah SWT. Begitu juga dalam Program Pamsimas, masyarakat haruslah bekerja dengan ikhlas, baik dalam mengumpulkan in cash maupun dalam bergotong royong in kind. Sehingga Program Pamsimas dilaksanakan oleh masyarakat, disamping bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri juga akan bernilai pahala disisi Allah SWT.
Sementara Pak Tes dalam ceramahnya lebih menekankan arti dan makna kesehatan untuk masyarakat. Hidup bersih merupakan sebagian dari iman, sehingga jika masyarakat hidup dengan pola kebersihan maka disamping bermanfaat untuk kehidupan juga akan bernilai ibadah. Lebih lanjut Pak Tes mengutip Hadist Rasulullah SAW yang artinya : “Tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai ke liang lahat”. Hadits ini mempunyai makna bahwa kita harus menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Dengan ilmu pengetahuan kita dapat menjalani hidup yang lebih baik. Dengan ilmu pengetahuan kita dapat mengetahui pola hidup bersih dan sehat. Perilaku masyarakat yang tidak bersih yang selama ini masih dilakukan oleh masyarakat, maka dengan ilmu masyarakat dapat mengetahui cara untuk hidup bersih dan sehat.




Untuk Foto-foto selengkapnya, bisa di lihat di Facebook Album  Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 di Kabupaten Solok.

Semoga dengan Safari Ramadhan PMAC Sumbar-2 ini, Program Pamsimas yang akan dilaksanakan bisa sukses, dan segala upaya yang dilaksanakan di bulan Ramadhan ini mendapat pahala dari Allah SWT. Amien.
Sekian,
Muliardy Banun

0 komentar:

  © Copy Right 2010 | DMAC Kabupaten Solok Blog | All Rights Reserved | The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP